Iklan Promosi

Rabu, 15 Oktober 2014

Lowongan Kerja Terbaru Kliring Penjaminan Efek Indonesia

Profil PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI)

PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) berdiri sejak tanggal 5 Agustus 1996 di Jakarta oleh PT Bursa Efek Indonesia. KPEI didirikan sebagai perseroan terbatas berdasarkan akte pendirian No. 8  dengan kepemilikan 100% dari total saham pendiri senilai Rp 15 miliar. Berdasarkan Undang – Undang Pasar Modal Indonesia tahun 1995 dalam menyediakan jasa kliring serta penjaminan penyelesaian transaksi bursa yang teratur, wajar dan efisien, pada tanggal 24 September 1996 KPEI memperoleh status sebagai badan hukum  dengan pengesahan Menteri Kehakiman Republik Indonesia. Dalam tempo dua tahun sekitar tanggal 1 Juni 1998, Perseroan mendapat Surat Keputusan Bapepam No. Kep-26/PM/1998 tentang izin usaha sebagai Lembaga Kliring serta Penjaminan berdasarkan.

Lowongan Kerja Terbaru Kliring Penjaminan Efek Indonesia
Kredit gambar: idx.co.id
PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) merupakan Self Regulatory Organization (SRO) yang turut berperan menentukan arah perkembangan pasar modal Indonesia.  Sebagai Central Counterparty (CCP), KPEI menyediakan layanan jasa kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi bursa.  Kehadiran KPEI sebagai CCP diperlukan untuk lebih meningkatkan efisiensi dan kepastian dalam penyelesaian transaksi di Bursa Efek Indonesia.
KPEI jadi satu-satunya penjual bagi  setiap pembeli juga satu-satunya pembeli bagi setiap penjual di setiap penyelesaian transaksi pada instrumen investasi yang diperdagangkan di bursa. Proses kliring yang dilaksanakan oleh KPEI bertujuan memberitahukan hak dan kewajiban baik berupa efek ataupun dana yang harus diselesaikan setiap tanggal penyelesaian kepada Anggota Kliring. hal tersebut dimungkinkan sebab KPEI melaksanakannya  secara netting dengan novasi. KPEI dalam menjalankan fungsinya kerap melakukan tindakan pengendalian risiko terhadap setiap risiko yang akan timbul pada setiap penyelesaian transaksi bursa.

Jasa dan Layanan  KPEI
Jasa Kliring Transaksi Bursa
Proses kliring merupakan suatu proses penentuan hak dan kewajiban Anggota Kliring yang muncul dari Transaksi di Bursa Efek. Jasa Kliring Transaksi Bursa terdiri dari :
  • Kliring Penyelesaian Transaksi Ekuiti; Kliring melalui netting dengan novasi diterapkan bagi seluruh Transaksi Bursa yang terjadi di pasar reguler dan transaksi tunai digunakan bagi produk equity, adapun kliring per transaksi di lakukan untuk pasar negosiasi. Sistem berbasis web yang disebut e-CLEARS® /Electronic Clearing & Guarantee System digunakan untuk setiap proses kliring.
  • Kliring Penyelesaian Transaksi Derivatif; Produk derivatif Bursa dimana proses kliring serta penyelesaian transaksi dilakukan oleh KPEI berupa: Kontrak Berjangka Indeks Efek (KBIE) dan Kontrak Opsi Saham (KOS) dimana proses transaksi keduanya dilaksanakan di BEI. Guna mendukung proses kliring penjaminan serta penyelesaian transaksi KBIE,  KPEI  memadukan teknologi client server dan web base, RMOL & Cash Management serta KOS tersebut.
  • Kliring Penyelesaian Transaksi Obigasi; KPEI melakukan support perdagangan transaksi obligasi dengan menyediakan jasa kliring dan penyelesaian transaksi obligasi di bursa efek. Seluruh kegiatan termasuk kliring, konfirmasi maupun afirmasi penyelesaian transaksi juga administrasi pajak dilakukan melalui sistem e-BOCS.

Jasa Penjaminan
Jasa penjaminan ialah jasa  memberikan kepastian dipenuhinya hak serta kewajiban anggota kliring yang muncul dari Transaksi Bursa.  Ketentuan peruhal penjaminan diatur dalam peraturan Bapepam, BEI serta  KPEI. Jasa penjaminan penyelesaian Transaksi Bursa bagi anggota kliring disediakan oleh KPEI dan transaksi berlangsung di BEI. KPEI melaksanakan fungsi penjaminan dengan menggunakan system e-CLEARS®  dengan dibantu sistem penunjang lainnya yang terintegrasi. Pada akhirnya, investor akan meningkatkan kepercayaan untuk bertransaksi di pasar modal Indonesia oleh karena adanya penjaminan.

Jasa Pinjam Meminjam Efek (PME)
Jasa Pinjam Meminjam Efe berguna untuk mendukung strategi perdagangan anggota kliring seperti halnya: margin trading, short selling maupun pendapatan tambahan bagi setiap  investasi jangka panjang. Jasa Pinjam Meminjam Efek bertujuan untuk membantu anggota kliring memenuhi kebutuhan Efek agar terhindar dari kegagalan penyelesaian Transaksi Bursa.
Jasa Lain yang Terkait Pasar Modal
  • Layanan m-CLEARS merupakan layanan pesan singkat (sms) yang disampaikan melalui telepon selular mengenai Informasi kliring dan penjaminan.
  • Jasa Pengelolaan Agunan : pengelolaan atas uang dan atau Efek yang dimiliki Anggota Kliring disimpan dalam rekening agunan dan tercatat dalam e-CLEARS®, dengan istilah online collateral. Sebagai agunan offline anggota kliring diberi kesempatan guna meningkatkan nilai agunannya degan menyerahkan bank garansi, deposito maupun aset lainnya kepada KPEI. Nilai agunan total merupakan akumulasi dari nilai agunan Offline ditambah dengan nilai agunan on-line.
  • Jasa Situs Pusat Pelaporan: Situs Pusat Pelaporan tersebut juga dapat diakses oleh Bapepam serta BEI. Dalam hal ini KPEI memfasilitasi Perusahaan Efek dalam Portfolio Anggota Bursa harian dan pelaporan Modal Kerja Bersih Disesuakan (MKBD).

Sebagai wujud pengembangan infrastruktur pasar modal di Indonesia, sekitar bulan Juni 2012 KPEI bersama BEI juga KSEI mempelopori sebuah sistem yang terintegrasi berupa Straight Through Processing.  Straight Through Processing (STP) merupakan Integrasi sistem serta proses dengan mengotomasi semua proses perdagangan efek  dimulai dari order, eksekusi transaksi, kliring, konfirmasi/afirmasi, dan penyelesaian tanpa adanya intervensi manual hingga input ulang data.

Manfaat dari penerapan STP diantaranya; Pengaturan yang lebih baik dengan audit trail yang sistematik, meningkatkan transparansi, meningkatkan kapasitas proses, meningkatkan efisiensi pasar secara keseluruhan, mengurangi risiko dan kesalahan, mencegah duplikasi pekerjaan dan intervensi manual, serta pengambilan data, pemrosesan juga pembuatan laporan yang lebih cepat.

Visi :
Untuk  Lembaga Kliring dan Penjaminan yang solid guna menyediakan layanan terbaik di Pasar Modal Indonesia.

Misi :
Mewujudkan Pasar modal Indonesia yang aman dan menarik

Sumber : PT. Kliring Penjaminan Efek Indonesia

Lowongan Kerja Terbaru Kliring Penjaminan Efek Indonesia


Posisi : Information Technology – Application Administrator Staff (Code: AAS)
Jakarta Raya
Persyaratan:
  1. Gelar Sarjana dari universitas terkemuka, sebagai berikut utama Teknologi Informasi atau Ilmu Komputer; bunga: Sistem Operasi,
  2. Administrasi Database dan Aplikasi
  3. Min. IPK: 2.75 (skala: 4.00)
  4. Usia max. 30 tahun
  5. Pengalaman dengan industri keuangan (pasar modal) yang diinginkan;
  6. Pengalaman minimum 1 tahun di Operasional Sistem Aplikasi atau Dukungan Teknis
Posisi : IT Development Staff (Code: IT Dev)
Persyaratan:
  1. Gelar Sarjana dari universitas terkemuka, di utama berikut: Teknologi Informasi atau Ilmu Komputer
  2. Min. IPK: 2.75 (skala: 4.00)
  3. Usia max. 28 tahun
  4. Pengalaman dengan industri keuangan (pasar modal) adalah keuntungan;
  5. Fresh graduate dipersilahkan
Posisi : Magang (Kode: IN-Acc)
Jakarta Raya
Persyaratan:
  1. Sarjana Akuntansi
  2. Penggunaan Ahli Ms Office (Ms. Word & Ms Excel)
  3. Program magang (full time) 3-6 bulan
  4. Learner Cepat, mau bekerja keras
  5. Keterampilan interpersonal yang baik, pemain tim yang baik
Lowongan ditutup tanggal 7 November 2014. Jika anda tertarik, silakan Kirim Surat Permohonan Anda dan CV ke HR Satuan:
PT. Kliring Penjaminan Efek Indonesia
Gedung Bursa Efek Indonesia Tower I, Lantai 5
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190
Atau melalui email: nunik@kpei.co.id
(harap menyebutkan kode lowongan pekerjaan di subjek)
Sumber Lowongan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar