Sejarah Bank Tabungan Negara
Pada tahun 1987 pemerintah Hindia Belanda mendirikan postpaarbank yang bertujuan untuk mendidik masyarakat Indonesia agar menabung, pendirian ini melalui Koninklijk Besluit No.27 tanggal 16 Oktober 1987. Perusahaan keuangan ini terus berkembang, hingga akhirnya memiliki 4 cabang di Indonesia pada tahun 1939 yaitu di Surabaya, Makasar, Jakarta dan Medan. Pada tahun 1940 terjadi konflik yang mempengaruhi keuangan Belanda yaitu pada saat Jerman menyerang Netherland dan hal ini mengakibatkan pengeluaran besar-besaran dalam waktu yang singkat karena penarikan tabungan yang tiba-tiba, namun kondisi ini tidak berlangsung lama karena pada tahun 1941 hanya berselang satu tahun POSTSPAARBANK sudah dalam kondisi normal.
Pada tahun 1942 terjadi serangan Jepang dan hal ini membuat Belanda menyerah tanpa syarat kepada negeri matahari tersebut. Akibatnya Jepang segera menutup atau membekukan POSTSPAARBANK dan menggantikannya dengan TYOKIN KYOKU, yaitu sebuah bank yang difungsikan untuk mengumpulkan uang melalui tabungan, akan tetapi apa yang dilakukan pemerintah Jepang tidak sukses seperti yang dilakukan Belanda, karena dalam prakteknya Jepang menggunakan unsur paksaan kepada masyarakat untuk menabung, cabang TYOKIN KYOKU sendiri juga hanya satu yaitu di Yogyakarta.
Setelah Indonesia merdeka, proklamasi kemerdekaan mendasari pengambilalihan TYOKIN KYOKU dari pemerintah Jepang ke pemerintahan republik Indonesia, semua ini diprakarsai oleh bapak Darmosoetanto dan diganti dengan nama Kantor Tabungan Pos dan beliau ditunjuk oleh pemerintah sebagai direktur utama dan mengemban tugas pertama yaitu menukar uang Jepang dengan ORI atau oeang republik Indonesia. Kerja Kantor Tabungan Pos berhenti pada tahun 1946 stelah Belanda melakukan agresi dan menduduki perkantoran, hal ini terjadi hingga pada tahun 1949, setelah itu Kantor Tabungan Pos dibuka kembali dan namanya di ganti menjadi Bank Tabungan Pos RI yang berdiri di bawah naungan menteri perhubungan.Pada akhirnya pada tahun 1968 BANK TABUNGAN POS dikukuhkan menjadi Bank Tabungan Negara hal ini di dasarkan pada UU No. 20 tahun 1968 tanggal 19 Desember 1968, pada tahun 1976 Bank Tabungan Negara diberikan tugas memberikan KPR dan sejak saat itu pada tanggal 10 selalu diperingatai hari KPR untuk Bank Tabungan Negara,perubahan terjadi lagi pada tahun 1992 yiaut perubahan badan hukum menjadi perseroan (PT) dengan sebutan bank BANK TABUNGAN NEGARA
Visi Dan Misi Bank Bank Tabungan Negara
Visi bank Bank Tabungan Negara adalah menjadi bank terkemuka dalam pembiayaan perumahan
Misi bank Bank Tabungan Negara
- Memberikan pelayanan unggul dalam pembiayaan perumahan dan industri terkait, pembiayaan konsumsi dan usaha kecil menengah.
- Meningkatkan keunggulan kompetitif melalui inovasi pengembangan produk, jasa dan jaringan strategis berbasis teknologi terkini.
- Menyiapkan dan mengembangkan Human Capital yang berkualitas, profesional dan memiliki integritas tinggi.
- Melaksanakan manajemen perbankan yang sesuai dengan prinsip kehati-hatian dan good corporate governance untuk meningkatkan Shareholder Value
- Mempedulikan kepentingan masyarakat dan lingkungannya.
Produk Dari Bank Tabungan Negara
Sebagai perusahaan yang bergerak dalam keuangan Bank Tabungan Negara memiliki beberapa produk keuangan yang menjadi unggulan dalam melayani masyarakat, ada kategori produk utama yang dimiliki oleh Bank Tabungan Negara yaitu :
- produk dana
- produk kredit
- dan produk layanan
Produk dana terbagi menjadi tiga yaitu:
- tabungan
- deposito
- giro
bank Bank Tabungan Negara memiliki 10 bentuk tabungan yaitu :
- bank Bank Tabungan Negara Batara
- bank Bank Tabungan Negara Prima
- bank Bank Tabungan Negara junior
- bank Bank Tabungan Negara payrol
- bank Bank Tabungan Negara juara
- bank Bank Tabungan Negara e’batarapos
TabunganKu
- Tabungan Bank Tabungan Negara haji reguler
- Tabungan Bank Tabungan Negara haji plus
- Tabungan Bank Tabungan Negara Batara Pensiunan
Produk kredit di bagi menjadi dua yaitu:
- kredit konsumer
- dan kredit komersial
bank Bank Tabungan Negara memiliki 2 jenis deposito yaitu
- deposito Bank Tabungan Negara
- deposito Bank Tabungan Negara valas
sedangkan untuk giro juga dibagi menjadi dua:
- giro Bank Tabungan Negara
- giro valas Bank Tabungan Negara
kredit konsumer meliputi :
- KPR Bank Tabungan Negara sejahtera FLPP
- KPR Bank Tabungan Negara platinum
- KPA BANK TABUNGAN NEGARA
- Kredit agunan rumah
- kring BANK TABUNGAN NEGARA
- kredit bangun rumah
- kredit ruko Bank Tabungan Negara
- kredit swadana Bank Tabungan Negara
- PRR-KB BANK TABUNGAN NEGARA Jamsostek
- PUM-KB BANK TABUNGAN NEGARA Jamsostek
- TBUM BAPERTARUM
- TBM BAPERTARUM
Sedangkan untuk kredit komersial yaitu :
- Kredit Yasa Griya atau Kredit Konstruksi
- Kredit modal kerja (KMK-Kontraktor)
- Kredit Modal kerja- Industri terkait dengan perumahan
Kredit Investasi
- Kredit Investasi Industri terkait dengan perumahan
- Kredit Usaha Rakyat (KUR)
Non Cash Loan : garansi bank
Macam-macam jasa dan layanan Bank Tabungan Negara
- Kartu Kredit BANK TABUNGAN NEGARA
- ATM BANK TABUNGAN NEGARA
- Kiriman Uang
- Safe Deposit Box
- Money Changer
- Bank Garansi
- Pyment Point
- Real timer gross Settlement (RTGS)
- BANK TABUNGAN NEGARA Paroll
- SPP Online BANK TABUNGAN NEGARA
- Western Union
- imobile BANK TABUNGAN NEGARA
Tanggung Jawab Sosial Bank Tabungan Negara
Banyak sekali kegiatan sosial yang dilakukan oleh Bank Tabungan Negara untuk kepentingan bersama, hal ini dilakukan untuk menjaga nama baik perusahaan sebagai perusahaan pelayanan publik, beberapa program yang pernah dilakukan oleh bank Bank Tabungan Negara yaitu :
- Bank Tabungan Negara mengadakan pasar murah BUMN peduli pada tahun 2012
- Bank Tabungan Negara mengadakan acara mudik bareng terhadap ribuan pekerja informal melakukan kegiatan reboisasi melalui program BANK TABUNGAN NEGARA green comunity
- Bank Tabungan Negara education empowerment program (pelatihan peningkatan kualitas guru)
- BTM community integrated program dan masih banyak beberapa program atau tindakan yang dilakukan oleh bank Bank Tabungan Negara dalam upaya tanggung jawab sosial kepada publik.
Lowongan Kerja Bank Tabungan Negara
Posisi : Officer Development Program (ODP)
Persyaratan :
- Warga Negara Indonesia (WNI), sebaiknya Pria, usia maks. 26 tahun (bukan 27 seperti ulang tahun tanggal 31 Juli 2013)
- Tinggi: Pria min. 160 cm dan min 155 cm untuk Perempuan
- Memiliki kesehatan yang baik dan berat badan proporsional
- Minimal S1 dari universitas terkemuka (PTN / PTS), lebih disukai dari : Hukum (Perdata dan Pidana), Teknik (Sipil, Arsitektur, Informatika), Ekonomi (Akuntansi, Perbankan)
- IPK min. 03:00 (skala 4.00)
- Kemahiran dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, lebih disukai memiliki skor TOEFL minimal 500
- Melek komputer, minimal MS Office
- Pernah menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama 2 tahun
- Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia
- Bersedia menjalani ikatan selama 5 tahun
- Tidak memiliki hubungan keluarga dengan pegawai Bank BTN (ayah / ibu / anak / adik / kakak)
Lowongan ini berlaku sampai 28 Juni 2013. Jika Anda tertarik dan memenuhi persyaratan diatas, silahkan mengirimkan aplikasi Anda secara online melalui BTN Pendaftaran Online melalui link di bawah ini >>
Lamaran online
Lamaran online
Posisi : Outbond Call TAM DBS
Jakarta
Deskripsi Kerja :
- Menerima telepon yang masuk & memberikan pelayanan informasi yang baik terhadap apa yang di butuhkan konsumen
- Menangani keluhan pelanggan dengan baik seputar kendala jaringan
Persyaratan :
- Pria
- Usia maksimal 27 tahun pada saat rekrutasi
- Pendidikan minimal D3 Jurusan IT
- Siap kerja dengan pola shifting
- Suka terhadap tantangan
- Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
- Memiliki kualitas suara yang baik / artikulasi jelas
- Mampu menggunakan komputer
- Berpenampilan menarik, rapi, dan bersih
- Penempatan Citywalk Sudirman
Lowongan ini ditutup 8 Oktober 2013. Bagi yang berminat, silahkan kirim surat lamaran, CV, dan foto. Ke alamat email (lowongan.infomedia@gmail.com)dengan subjek “TAM DBS JKT”. Atau melalui walk in interview yang akan dilaksanakan pada :
Hari : Senin – Jumat, pkl 09.00 – 12.00 PT Infomedia Nusantara, Gd.K-link Tower Jl.Gatot Subroto Kav 29A (Samping Rumah Sakit Medistra) bertemu dengan Ibu Ocha di lantai 21 membawa CV dan surat lamaran lengkap. Untuk melamar langsung secara online / via email, silahkan melalui link di bawah ini >>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar