Inilah Cara Mengirim Lamaran Pekerjaan yang Benar Lewat Email
- Semakin maraknya perusahaan yang mengizinkan para calon karyawan agar
mengirimkan surat lamaran kerjanya melalui email. Hal tersebut pastinya
akan sangat memberikan keuntungan entah itu untuk pelamar maupun
perusahaan. Misal untuk perusahaan, hal tersebut akan membantu untuk
mengurangi masuknya surat lamaran yang dikirim dengan memakai kertas dan
wajib untuk diarsipkan. Tidak hanya itu saja, perusahaan juga jadi
lebih gampang untuk membalas surat lamaran dengan bentuk email kepada
para calon karyawan yang melamar.
Inilah Cara Mengirim Lamaran Pekerjaan yang Benar Lewat Email
Sedangkan
untuk anda yang menjadi calon karyawan, hal ini sudah pasti akan
mempermudah anda mengirimkan lamaran pekerjaan dengan cepat. Apabila
anda ingin melamar pekerjaan ke perusahaan lebih dari satu, maka anda
bisa dengan mudah untuk mengkopi email surat lamaran pekerjaan
sebelumnya dan tinggal menyesuaikannya.
Oleh karena itu Sentraloker.net akan mencoba memberikan informasi mengenai Cara Mengirim Lamaran Pekerjaan yang Benar Lewat Email. Simak tulisannya dibawah ini :
1. Resume
Anda jangan pernah mencoba untuk menuliskan resume Anda pada bagian
badan email anda. Untuk menuliskan resume anda bisa memisahkannya di
file sendiri kemudian tambahkan dalam lampiran pada email anda. (Sumber)
2. Email Signature
Apa itu Email signature ? Email Signature merupakan sebuah rangkaian
tex yang sengaja ditulis oleh penyedia layanan email anda. Sebenarnya
signature tersebut dapat anda buat, atau bisa juga menjadi bagian iklan
dari penyedia jasa layanan email. Dengan terdapat signature tersebut
maka bisa memberikan kesan yang tidak profesional terhadap surat lamaran
anda.
Ada beberapa layanan penyedia email web gratis misalnya seperti
Hotmail dan Yahoo! yang bisa menambahkan email signature dengan otomatis
terhadap email yang dikirimkan. Anda bisa memilih Gmail sebagai layanan
email karena Gmail tidak menyediakan email signature.
3. Dimana Surat Lamaran Ditulis?
Anda pasti akan merasa kebingungan, apakah harus menuliskan surat
lamar pada badan email atau terpisah secara tersendiri. Berdasarkan
pihak HRD yang bekerja di bidang perusahaan multinational, Anda bisa
memasukkan cover letter Anda pada bagian badan email. Dengan begitu,
perusahaan akan tetap menerima surat lamaran yang masuk dengan baik.
Berdasarkan pengalaman beberapa jobseeker yang kami survey, tidak ada
sebuah perusahaan yang akan menolak surat lamaran yang dicantumkan pada
bagian badan email.
4. Judul Email
Bagian pada Judul email yang anda kirim harus dapat mempermudah
penerima untuk bisa tahu maksud email yang anda kirim. Dengan begitu,
maka usahakan untuk menuliskan judul yang singkat dan jelas. Contohnya
seperti “Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran”.
*Penting: Bacalah lamaran secara baik dan benar pada informasi lowongan kerja yang anda dapatkan. Biasanya mereka akan Sering kali mereka menyuruh Anda untuk mencantukan kode pada bagian judul atau subject pada bagian email anda
5. Ukuran Email
Upayakan untuk mengirimkan sebuah email dengan tidak lebih dari 300
Kb. Sebuah ukuran email tersebut akan sangat mempengaruhi pada file yang
anda attach. Dengan begitu, ada baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu
ukuran file tersebut yang akan anda lampirkan. Apabila anda dituntut
untuk memasukkan foto, maka hindarilah ukuran foto yang besar. Anda
dapat memperkecil terlebih dahulu ukuran fotonya dengan menggunakan
berbagai jenis software photo editor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar